Panduan Lomba Blog

Pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia tak serta merta membuat kawan sekalian berhenti berkarya. Menyambut datangnya Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2021 mendatang, Universitas Katolik Parahyangan menginisiasi sebuah wadah bagi semua pelajar, mahasiswa, dan kalangan umum untuk berkontribusi membawa perubahan. 

Melalui lomba blog bertajuk “Merdeka Belajar dan Berkarya”, kami mengajak semua pihak bisa terlibat merekam jejak melalui tulisan. Mari bersama kami #berkaryamelintasbatas dengan memilih satu dari beberapa subtema berikut untuk dijadikan konten dalam blog-mu sampai tanggal 28 Oktober 2021 nanti.

Adapun subtema yang bisa dipilih, yaitu:

  1. Merdeka dari Pandemi dengan Gotong Royong
    Pandemi membuat kita semua bangsa Indonesia terkekang dan menjadi tidak bebas. Oleh karena itu besar pasti harapan untuk terbebas dari virus Covid-19. Indonesia terkenal dengan masyarakatnya yang selalu bergotong royong dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan di beberapa daerah, pembangunan rumah pribadi dilakukan juga secara gotong royong. Gotong Royong merupakan warisan nilai yang sangat berharga bagi bangsa Indonesia. Di masa pandemi ini tentunya gotong royong bisa jadi kunci keberhasilan menghadapi virus Covid-19. Berikan karya terbaikmu dalam bentuk blog mengenai tema Merdeka dari Pandemi dengan Gotong Royong. Sertakan tagar #BlogUnparGotongRoyong.
  2. Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti
    Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti adalah sesanti Universitas Katolik Parahyangan yang memiliki arti: berdasarkan ketuhanan menuntut ilmu untuk dibaktikan kepada masyarakat. Sebagai bagian dari republik tercinta ini,  kita bersama-sama juga yakin bahwa apa yang kita dapatkan saat menuntut ilmu, bukan hanya untuk kita melainkan juga untuk dibaktikan kepada masyarakat. Berikan karya terbaikmu dalam bentuk blog mengenai tema Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti. Sertakan tagar #BlogUnparPengabdian
  3. Merdeka Belajar secara Daring
    Pandemi memaksa kita untuk mengikuti adaptasi kebiasaan baru. Di dunia pendidikan siswa dan mahasiswa serta para pengajar diajak secara cepat untuk beradaptasi dan melakukan pembelajaran secara daring. Berikan karya terbaikmu dalam bentuk blog mengenai tema Merdeka Belajar secara Daring. #BlogUnparBelajarDaring
  4. Harapan saat Merdeka dari Pandemi
    Kejenuhan kita dalam hidup di masa pandemi ini kadang membuat kita sedih. Mari kita pupuk harapan-harapan baru apabila kita sudah merdeka dari pandemi ini supaya kita terus bersemangat dan optimistis menjalani kehidupan. Berikan karya terbaikmu dalam bentuk blog mengenai tema Harapan Saat Merdeka dari Pandemi. Sertakan tagar #BlogUnparHarapan

Ketentuan Umum

  1. Peserta lomba adalah pelajar SMA/SMK/Sederajat dan mahasiswa/I aktif dari baik negeri maupun swasta (dibuktikan dengan Kartu Pelajar atau Kartu Tanda Mahasiswa), serta terbuka untuk umum (dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk/Surat Izin Mengemudi).
  2. Tulisan bebas dari plagiarisme.
  3. Lomba diikuti secara individu.
  4. Peserta lomba diperkenankan untuk mengirimkan karya lebih dari satu subtema dalam blog (jika ingin mendaftarkan lebih dari 1 karya, peserta harus mengisi ulang formulir sejumlah karya yang ingin didaftarkan).
  5. Peserta lomba wajib mengisi formulir pendaftaran melalui tautan google form berikut:
  6. Peserta lomba wajib mengikuti (follow) akun instagram @unparofficial dan @ekspresiparahyangan.
  7. Pendaftaran lomba tidak dipungut biaya (gratis).
  8. Pemenang lomba blog hanya akan dihubungi oleh panitia via direct message (DM) Instagram @unparofficial pada 10 November 2021.
  9. Hati-hati penipuan yang mengatasnamakan UNPAR.
  10. Pajak ditanggung pemenang.

Ketentuan Penulisan Blog

  1. Judul tulisan blog bebas namun dengan ketentuan harus sesuai dengan tema berikut subtema yang dipilih.
  2. Boleh menggunakan platform blogging apapun namun tetap memperhatikan aspek visual (tampilan, estetika, dll)
  3. Tulisan bersifat orisinal. Belum pernah atau tidak sedang diikutsertakan dalam lomba kompetisi manapun. Serta belum pernah dipublikasikan di media cetak maupun online.
  4. Tulisan blog minimal 800-1500 kata dan dapat menyertakan beberapa gambar sebagai pendukung. (wajib menyertakan Photo Credit termasuk jika menggunakan foto milik pribadi).
  5. Setiap karya yang sudah di-submit dalam pendaftaran lomba tidak boleh dihapus.
  6. Isi tulisan tidak boleh mengandung unsur SARA, ujaran kebencian, pornografi, dan narkoba (narkotika dan obat-obatan).
  7. Isi tulisan wajib mencantumkan tautan/hyperlink https://unpar.ac.id di dalamnya dengan teks pada tautan sesuai dengan subtema yang dipilih, yaitu gotong royong, pengabdian, belajar daring, harapan.
  8. Tulisan wajib mencantumkan tanda pagar (tagar/hastag) #LombaBlogUnpar dan tagar sesuai dengan subtema, yaitu:
    • #BlogUnparGotongRoyong
    • #BlogUnparPengabdian
    • #BlogUnparBelajarDaring
    • #BlogUnparHarapan
  9. Tulisan adalah karya asli penulis. Jika terbukti melanggar ketentuan ini, UNPAR berhak mendiskualifikasi peserta.
  10. Diwajibkan mencantumkan sumber kutipan atau referensi jika ada.
  11. Karya yang diterima panitia akan ditinjau keseluruhannya dengan ketentuan berlaku. Keputusan juri untuk menentukan pemenang bersifat mutlak dan tak bisa diganggu gugat.
  12. Apabila kemudian hari ditemukan ada pembuktian berupa pelanggaran karya dan ketentuan yang berlaku, maka panitia berhak membatalkan penghargaan yang diterima pemenang lomba.